Waspadalah Bila Air Mineral Berasa Air Kelapa, Keselamatanmu Taruhannya! Tolong Bantu Sebarkan.!!

ADSENSE Link Ads 200 x 90
ADSENSE 336 x 280

Pernahkah Kamu mendapati air mineral dalam kemasan botol yang baru saja dibeli mempunyai rasa saat diminum? Walau samar, apakah rasa itu menyerupai air kelapa? Kalau iya, waspadalah! Bila rasa itu ada, kuat dugaan botol yang digunakan sebagai kemasannya adalah produk daur ulang."Plastik yang didaur ulang bisa menghasilkan zat-zat kimia, salah satunya asetaldehida yang bisa mengeluarkan rasa menyerupai buah," ucap Principal Engineer Sentra Teknologi Polimer Badan Pengkajian serta Penerapan Teknologi (BPPT), Johan A Nasiri.



Rasa yang tercecap lidah dari air mineral yang dikemas dalam botol hasil daur ulang, sebut Johan, antara lain menyerupai air kelapa. Sayangnya, ucap dia, rasa yang hanya samar tercecap membikin tidak tidak sedikit orang menyadarinya.

"Terlebih lagi, tidak sedikit (oknum) penjual yang berbicara bahwa

(adsbygoogle = window.adsbygoogle || []).push({});

ada rasa air kelapa menandakan nilai airnya keren," imbuh Johan.

Bagaimanapun, harap Johan, konsumen wajib lebih berhati-hati. "Cara mendeteksinya semacam tadi, ada alias tidak rasa air kelapa," sebut dia.

Rptny, tmbh Jhn, bla is kmsan btl trsbt bkn air mnrl, mlinkan mnmn yg trbkt mmpnyai rsa, aplgi rsa buah. (Akan) sulit dideteksi, ucp dia.

Apa itu asetaldehida?

Senyawa alamiah asetaldehida tersedia dalam buah-buahan serta kopi yang telah matang. Dalam pengolahan plastik, ungkap Johan, senyawa kimia tersebut tercipta sebab degradasi termal polimer, semacam saat daur ulang.

Mnjr Pngjian Sntr Tknlgi Plmer BPPT, Syhda, mnngktknkn, kmngknan bsar, ada sisa asetaldehida yang tertangkap pada saat pengisian air ke dalam kemasan botol produk daur ulang.

"Produk konsumsi sewajibnya tidak boleh menggunakan kemasan daur ulang," kata Syuhada. Menurut dia, asetaldehida adalah salah satu senyawa berbahaya bila dikonsumsi, apalagi dalam jangka waktu lama.

Akbat mngnsms astldhda dlam jngk wktu lm antra lin adlah irtsi pd klit, mta, slput lndr, tenggorokan, serta saluran pernapasan. Biasanya, ada juga gejala mual, muntah, serta sakit kepala. (Palupi Annisa Auliani / kompas.com)
ADSENSE 336 x 280 dan ADSENSE Link Ads 200 x 90