Subhanallah.! Bantu Bagikan.. Inilah Manfaat Luar Biasa Ketika Kita Melakukan Gerakan Rukuk dan Sujud, Kamu Ga Bakal Nyangka!!

ADSENSE Link Ads 200 x 90
ADSENSE 336 x 280
lima saat merupakan perintah yang wajib dijalankan oleh Umat Islam. Kekhusukkan dalam menggerakkan salat begitu mutlak untuk mendapatkan kegunaaan baik dengan cara agama ataupun medis.Ada orang yang dalam salatnya begitu khusuk dan nikmati setiap gerakan-gerakannya. 



Namun ada juga yang cepat-cepat supaya salat selekasnya usai. Dua gerakan yang umumnya diperbuat dengan cara kilat ada waktu ruku dan sujud. Sebab persoalan dunia umumnya manusia mempercepat dua gerakan ini supaya salat cepat usai. Padahal dua gerakan ini mempunyai faedah besar dari segi medis.
Bla dkrjkan dngn ttrial cpat, jd fedah mdis dri grkan rku dn sjud in tdak dprlh dngn ttrial mksmal. Kgnaaan mdis ap yg dsbt? Brkut in pnjlsnny. Dlam stu hdist, Rasulullah SAW memerintahkan umatnya untuk memperlama gerakan ruku dan sujud. Menurut Rasulullah lamanya dua gerakan itu dapat menggugurkan dosa.
Satu hari Abdullah bin Umar -rodhiallohu anhuma-
lhat ssorang pmda sdang shlat, drnya mmnjngkn shltny dn mlmknny, jdi bliau brtnya : siapa yang tahu orang itu? Jadi ada yang menjawab :
Saya. Beliaupun memberi tau : kalau saya mengetahuinya, tentu saya bakal menyuruhnya untuk memanjangkan ruku’ dan sujudnya, lantaran saya sempat mendengar Nabi -Shollallohu alaihi wasallam- bersabda :” Sungguh, bila seseorang hmb brdri untk shlat ; smanya dsny drlis, dn dltkkan datas pndknya. Jdi stiap sat drnya rku’ dn sjud, dosa-dosa itu jadi berjatuhan”. (Saksikan Silsilah shahihah : 1398, sanadnya shahih).
Dari hadist diatas, dapat diambil rangkuman kalau makin lama ruku’ dansujud, jadi bakal makin tidak sedikit dosa yang bakal dilepaskan dari diri manusia. Nyatanya bukan sekedar dari segi agama saja gerakan yang lama dan khusuk ini memberbagi kegunaaan. Dari segi kesehatan juga, memperlama nyatanya gerakan ruku’ dan sujud juga mempunyai kegunaaan besar.
Ruku’ menjadi salah satu gerakan yang nyatanya miliki tidak sedikit kegunaaan bagi kesehatan manusia. Rku’ yg smprn dpt d tndai apbla kmi mltkn glas d pnggng mka tdak bkl tmph sbab antra kpla dn tlng blkng alias pnggng sjjar.
Selain itu, posisi ruku’ yang sempurna ini juga berkegunaaan untuk menjaga kesempurnaan posisi punggung sebagai penyangga tubuh dan pusat syaraf dan posisi jantung sejajar dengan otak jadi tahap tengah badan kami dapat teraliri darah dengan sempurna.
Posisi tangan tertumpu pada lutut ini sangat berkegunaaan untuk merelaksasikan pada otot-otot bahu hingga ke bawah. Menerut penelitian posisi ruku ini juga sangat berkegunaaan untuk melatih kemih jadi terhindar dari penyakit prostat.
Sementara itu, sujud juga menjadi gerakan dalam shalat yang mempunyai tidak sedikit kegunaaan bagi kesehatan manusia. Menungging dengan meletakkan kedua tangan, lutut, ujung kaki dan dahi pada lantai. Posisi sujud ini berkegunaaan juga untuk memompa getah bening ke tahap leher dan ketiak. Posisi jantung di atas otak menyebabkan daerah ini kaya bakal kandungan oksigen yang dapat mengalir dengan cara maksimal ke otak.
Aliran tersebut sangat berpengaruh kepada daya pikir seseorang. Oleh seban itu, ada baiknya meperbuat sujud dengan tuma’ninah, yakni tidak tergesa-gesa supaya darah mencukupi kapasitasnya di otak. Posisi yang demikian ini menghindarkan seseorang dari gangguan wasir. Khss bgi wnta baik rku’ mupun sjud mmpnyai kgnaaan mnrik bgi ksbran dn kshtan orgn kwnitan.
Demikianlah ulasan tentang faedah di balik lamanya ruku’ dan sujud dalam shalat. Apabila ingin dosa berguguran, maka perbuat anjuran Rasulullah ini. Semoga kami rutin menjadi hamba Allah yang rutin beriman dan beramal shalat.
sumber : infoyunik.com
ADSENSE 336 x 280 dan ADSENSE Link Ads 200 x 90