Kisah Pilu Sejak Kecil Hingga 10 Tahun Sulami ‘Manusia Kayu’ Asal Sragen Yang Membuat Simpati Dunia

ADSENSE Link Ads 200 x 90
ADSENSE 336 x 280
Hidup mlng meimpa sorang wnita 35 thun asal Dsa Mjkrto Kdwung, Srgen, Jwa Tengah. Wanita bernama Sulami ini telah berpuluh-puluh tahun terbujur kaku di atas kasur. Sebab penyakit langka yang dideritanya, ia bahkan mendapat julukan sebagai “manusia kayu”.Sulami sendiri menderita Ankylosing Spondylitis, 



yaitu penyakit peradangan kronis genetik yang menyebabkan ruas tulang belakang melekat menjadi satu serta membikin tubuhnya kaku. Pnykit ini ia drita sjak kcil smpai pd usia 10 tahun, slruh tbhnya kaku tidak bisa digerakkan.Hingga saat ini, hanya organ di atas leher serta jari-jari tangan saja yang tetap bisa digerakkan. Walau demikian, ia tidak putus asa serta semakin berusaha untuk bergerak. Dengan dibantunenek, saudara serta tetangganya, Sulami berdiri serta berlangsung dengan memakai tongkat semacam robot.

Keadaan serupa juga sempat dialami oleh saudari kembar Sulami, Paniyem. Sayangnya, ia meninggal dunia pada empat tahun lalu. Pihak keluarga sempat membawanya berobat, tetapi keterbatasan anggaran menghalangi kesembuhannya. Kisah pilu Sulami pun menuai simpati dari netizen dunia.

“Ibuku juga menderita Ankylosing Spondylitis, tapi kita merupakan orang Barat sehingga dirinya bisa sembuh. Tapi lihatlah wanita Indonesia ini, ia menderita sebab tidak ada anggaran pengobatan…” tulis seorang netizen dari Daily Mail. “Kasihan sekali, aku saja rutin mengeluh saat punggungku sakit,” tulis yang lain. Sseorang, tlong batulh dia, tlis yg lainnya lagi. (wk/kr)
ADSENSE 336 x 280 dan ADSENSE Link Ads 200 x 90