Cara Mengalahkan Dorongan Nafsu Serta Dosa

ADSENSE Link Ads 200 x 90
ADSENSE 336 x 280
Manusia baru bisa terhindar dari penyakit dosa dan kejahatan-kejahatan tatkala ia meyakini bahwa dosa dan kejahatan itu lebih berbahaya dan lebih memudhoratkan dari seorang pencuri, ular alias binatang buas lainnya dsb. Dan tatkala keperkasaan, kebesaran dan wibawa Allah setiap saat menjadi pertimbangannya.



Dalam keseharian kita, terkesan nyata bahwa manusia bisa meninggalkan keinginan, kemauan, dan kehendak-kehendak hatinya. Umpama seorang yang sakit diabetes, dokter sangatlah melarangnya dari memakan makanan yang manis. Maka orang itu, demi nyawanya, menyentuh makanan-makanan manis pun dirinya tak mau. Sehingga demikian pula halnya keinginan rohani dan dorongan nafsu. Apabila kebesaran dan keperkasaan Allah ta'ala sudah tertanam di dalam kalbunya dengan benar, maka sikap tak mentaati Allah bakal dirinya rasakan lebih kurang baik dari memakan api dan lebih kurang baik dari maut.Sekian tak sedikit manusia mengenal kekuasaan dan wibawa Allah ta'ala, dan sekian tak sedikit dirinya meyakini bahwa mengingkari-Nya adalah sebuahhukuman yang berat, maka setidak sedikit itu pulalah bakal menjauhi dosa, kemungkaran dan menjauhi sikap melawan hukum. Lihat sebagian orang mengalami "kematian" sebelum maut datang. Apa yang dialami oleh para akhyaar, abdaal, dan quthub, apa yang tersedia pada diri mereka? Jawabannya adalah keyakinan itu tadi. Pengetahuan yang penuh yakin dan qath'i, dengan cara tentu dan dengan cara fitra memaksa seseorang untuk sebuahfaktor tertentu. Persangkaan tentang Allah ta'ala tidaklah bisa mencukupi. Keraguan tak tidak dapt memberi kegunaaan. Pengaruh sudah ditanamkan hanya di dalam keyakinan. Pengetahuan yang penuh keyakinan tentang sifat-sifat Allah ta'ala, justru lebih tak sedikit memberbagi pengaruh dibandingkan pengaruh yang ditimbulkan oleh halilintar yang sangat menakutkan. Dampak pengaruh itulah orang-orang menundukkan kepala dan membungkuk.

Jadi seberapa tak sedikit keyakinan yang dimiliki seseorang, setidak sedikit itu pulalah dirinya bakal menghindari dosa.
ADSENSE 336 x 280 dan ADSENSE Link Ads 200 x 90