Mengejutkan Jawabannya Gak Nyangka! Berapa Tarif Sekali Ceramah Ustadz Abdul Somad?

ADSENSE Link Ads 200 x 90
ADSENSE 336 x 280
Nama Ustaz Abdul Somad saat ini makin dikenal sebagian masyarakat luas.
Tidak sedikit yang mengandrungi Ustad Somad sebab mendengarkan ceramahnya dengan cara langsung dari mimbar maupun melewati media sosial.Sangat mudah menemukan ceramah lengkap maupun potongan ceramah beliau pada website share video YouTube.




Dalam ceramahnya, pendakwah serta ulama asal Pekanbaru, Riau ini tidak jarang mengulas beberapa macam persoalan agama, terutama kajian ilmu hadits serta Ilmu fikih.

Selain itu, ia juga tidak sedikit mengulas tentang nasionalisme serta beberapa persoalan terkini yang sedang menjadi pembahasan hangat di kalangan masyarakat.

Tetapi, keterkenalan ustaz 40 tahun ini mulai diketahui tidak sedikit pihak sebab kritikan yang ditujukan terhadap seleb Indonesia, Rina Nose, yang dengan cara persengketaanal membuka hijabnya beberapa waktu yang lalu.

Lalu, namanya juga terus diketahui sebab saat ditolak di Hongkong.

Hingga seorang wartawan koran olahraga dipecat sebab menghujat Ustaz Somad ini.

Sebetulnya, dalam kajian dalam berdakwahnya, Ia dikenal mempunyai ulasan yang cerdas serta lugas, ditambah lagi dengan kepandaian dalam merangkai kata yang menjadi sebuah retorika dakwah, membikin ceramah Ustadz Somad begitu mudah dicerna serta mudah dipahami oleh beberapa kalangan masyarakat.

Kajian-kajiannya yang tajam serta hebat membikin tidak sedikit orang suka ceramah alias tausiahnya.

Di tengah kesibukannya sebagai dosen Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim, Pekanbaru, Riau, Ustadz Somad saat ini wajib keliling Indonesia menghadiri beberapa macam undangan.

Entah berapa undangan beliau yang dipenuhi dalam sehari, seminggu, alias sebulan.

Tetapi, dibalik jadwal padatnya dalam undangannya ke sebuahtempat, apakah anda tahu berapa tarifnya?

Melansir dari
Warta Kota, dalam sebuah pertanyaan di pengajiannya ada yang menanyakan, berapa sih tarif beliau sekali diundang alias apa saja syarat dipenuhi untuk mengundangnya?

“Apakah pihak Ustadz Somad menentukan nominal tarif untuk undangan ceramah?”



Lalu apa jawaban Ustadz Somad?
Sampai sekarang, belum lagi. Sebelum saya tentukan (tarif) ini, undanglah. Tapi kalau saya telah tentukan (tarif), payahlah yang ngundang,” kata dirinya disambut tawa jamaah.

Hingga saat ini, dirinya mengaku tidak sempat memasang tarif saat diundang.

Dirinya malah bahagia ketika tidak sedikit yang mengundang.

Selanjutnya, ada juga pertanyaan yang semacamnya bukaan dari jamaah di hadapannya, saat itu.

Pertanyaannya merupakan soal fasilitas ketika diundang.

“Ustadz Somad, katanya kalau penceramah ini diundang minta tiket pesawatnya 3, wajib kelas eksekutif, wajib Garuda, Lion tidak mau sebab delay,” demikian pertanyaan itu yang keluar langsung dari mulut ustadz alumnus Universitas Al-Azhar, Mesir serta Institut Dar Al-Hadits Al-Hassania, Maroko tersebut.

Lalu dijawab dia, “Saya ndak. Mau aja orang mengajak kami memberi tau ayat-ayat Allah ini, alhamdulillah. Mestinya kami yang datang. Lalu dirinya bawa kita. Mestinya saya datang ke rumah ini, tapi kemudian diundang keluarga besar Hidayatullah, alhamdulillah.”

Pada peluang itu, Ustadz Somad menyindir sebagian dai yang dikontrak stasiun televisi.

Tidak sama dengan dirinya yang sampai saat ini memilih tidak masuk tivi.

“Insya Allah, saya tidak masuk tivi. Ustadz Abdul Somad bakal kami kontrak sekian episode. Aku tidak mau kontrak, kelak saya sehingga lelaki kontrakan,” kata dia.

Ia meningkatkankan, “Kalau kebetulan saya ke Jakarta, anda mau ajak saya (ceramah) subuh sebab subuh kosong, anda jemput saya ke hotel, oke.”

Ustadz Somad mengaku enggan dikontrak stasiun televisi sebab dirinya tidak suka diatur-atur dalam ceramah.

Terlebih lagi wajib di-makeup pihak tertentu.

“Tapi, kalau saya dikontrak, pakai pakaian begini, wajib di-makeup oleh bencong, kelak tangannya wajib begini, begini, aku tidak dapat dibuat-buat gayanya. Kalau anda mau ikut gayaku, ikut aku. Tidak mau? Ya, udah. cari yang lain.” ungkap Ustaz Somad. (TribunStyle.com/ Burhanudin Ghafar Rahman)

Penulis: Burhanudin Ghafar Rahman
Sumber: TribunStyle.com
ADSENSE 336 x 280 dan ADSENSE Link Ads 200 x 90