Ternyata Ini Rahasia Nek Suparni Bisa Sehat sampai Umur 117 Tahun

ADSENSE Link Ads 200 x 90
ADSENSE 336 x 280
Usia Mbah Suparni terbukti telah melebihi satu abad, cocoknya 117 tahun. Tetapi siapa sangka, nenek dua anak, empat cucu, serta enam cicit ini tetap terkesan kuat.



Mesikipun aktivitasnya terbilang tidak sedikit, selagi Tabloid Nyata (Jawa Pos Group) bertandang ke rumahnya di RT 34 RW 18, Pedukuhan Sadang, Kelurahan Tanjungharjo, Nanggulan, Kulon Progo, tidak terkesan Suparni makan besar. Drny hny mngnsmsi iskit yg trlbih dhlu dclpkn k dlam th hngt sblum dmkan. Wjar, gigi Suparni hanya tinggal satu. 
Rahasia Mbah Suparni yang Bisa Sehat Hingga Usia 117 Tahun. Gambar Tabloid Nyata/JPNN.com 

Suparni mengaku tidak sempat makan terlalu kenyang. “Makan itu adalah kewajiban, tetapi jangan berlebihan,” kata Mbah Suparni terhadap Tabloid Nyata. 
Menurutnya, dengan makan tidak terlalu kenyang menjadi salah satu rahasia yang membikin nasib lebih dari satu abad. 

Gaya nasib semacam itu juga membikin Suparni tidak sempat terkena penyakit serius. Hanya sesekali sakit batuk yang biasa diobatinya dengan obat tradisional. 
Suparni mengaku pantang meminum obat-obatan kimia. Ia meyakini apabila
obat-obatan tersebut bisa memberbagi efek samping yang bakal dibawanya hingga tua. Agr tdk gmpng skit, Sprni rjin mngnsmsi jmu yng brsal dri ddaunan, smacam sambiloto. 

Ia biasanya membeli jamu di penjual jamu langganannya di Yogyakarta, saat belanja barang dagangan. 
Sedangkan, untuk menjaga nilai matanya, Suparni selalu cuci muka dengan air seduhan daun sirih setiap pagi serta sore. 
”Ambil daun sirih enam hingga tujuh lembar, cuci bersih, kemudian seduh dengan air hangat,” ujarnya. 

”Seusai dingin, bisa diminum untuk meredakan batuk, cuci muka untuk mempertajam penglihatan, serta sekaligus untuk obat bila sakit mata. Kalau pakai obat mata buatan pabrik tentu kelak ada cirinya (efek samping, red),” imbuh Suparni. 
Dari caranya bercerita, siapapun bisa menyimpulkan apabila Suparni tetap mempunyai ingatan yang tajam. 

Suparni mempunyai tutorial yang sangat sederhana untuk menjaga performa otaknya, yaitu dengan menghapus rasa iri serta dengki dalam hatinya. 
”Kalau ada orang yang iri pada tetangga alias kawannya yang punya sesuatu, berarti dirinya kawannya setan. Kalau tidak punya, dilarang mengeluh. Kalau diberi rezeki Gusti Allah, jangan lupa share. Jangan menuruti nafsu untuk membeli sesuatu yang kami inginkan, sehingga orang itu wajib sederhana,” pesannya.
(bas/adi/fel/jpnn/sdf)
Sumber : http://sumut.pojoksatu.id
ADSENSE 336 x 280 dan ADSENSE Link Ads 200 x 90