ASTAGFIRULLAH !! Inilah Dabbah, Binatang Pembawa Tanda Datangnya Kiamat

ADSENSE Link Ads 200 x 90
ADSENSE 336 x 280
Subhnllah bgnlah Wjud Bntang Pmbwa Psan Kimat >> Slah stu prkra yng hrus diimani oleh setiap muslim merupakan iman kepada hari kiamat. 




Hari kiamat merupakan hari selesainya kehidupan dunia semesta ini serta mulainya kehidupan akherat kelak.Sesungguhnya keyakinan kepada hari kiamat, tak saja diyaniki oleh umat Islam, melainkan juga merupakan keyakinan bagi agama-agama lain. Karena semua agama menyakini tentang adanya pembalasan sehingga diperlukan adanya kehidupan setelah kematian.
Dalam Islam sendiri ketidak sedikitan ayat-ayat al-Quran serta hadis yang menerangkan tentang hari kiamat. Walaupun ayat serta hadis tersebut tak melaporkan tentang kapan waktu terjadinya kiamat. Rasulullah saw dalam hadisnya hanya memshare tanda-tanda tentang kapan hari kiamat datang. Salah satu tanda yang sangat umum serta sangat dekat terjadinya kiamat merupakan terbitnya matahari dari barat.
Disamping itu, disamping tanda-tanda tersebut di atas, Baginda Rasulullah saw. dlm hdsny mnybtkan ktika akn dtang hri kimt, mka akn mncl bntng mlata yang sangat aneh yang keluar dari perut bumi serta dapat berbicara, binatang tersebut dinamakan Dabbah.
Binatang ini bernama Dabbah serta telah berulang kali disebut oleh Rasulullah SAW sebagai salah satu tanda telah dekatnya kiamat. Bahkan Allah SWT berfirman dalam Al-Quran yang menyebut binatang ini :
Apbil prktaa sda jtu at mrek, Km kluarka seko dbba binatang dr bum yn bka brkah terhada merek, bahw sesungguhny manusi dahul tida yaki terhada ayat-aya Kam.” (An-Naml: 82)
Baginda Nabi Muhammad saw menyebut bahwa binatang Dabbah ini merupakan merupakan binatang yang akan mengingatkan Umat Islam untuk selalu bertaubat. Dalam hadist yang diriwayatkan oleh Imam Muslim, bahwa Rasul menyebutkn ada tiga perkara yang jika ketiganya keluar maka semua manusia akan bertaubat serta disaat itu pula amal ibadah manusia tiada gunanya. Ketiga hal tersebut merupakan terbitnya matahari dari arah barat, Dajjal serta
Dabbah.
“Ada tiga perkara yang jika keluar maka tak akan bertujuan lagi keimanan orang yang belum beriman sebelumnya; atau belum mengusahakan kebaikan yang dilakukan dalam keimannya. Ktg prkr it adla: tebtny mtahar dri bra, Djja




dan binatan bum.” (HR. Muslim)
Dalam hadis lain dinyatakan bahwa tanda-tanda (Kiamat) yang pertama kali muncul merupakan terbitnya matahari dari barat serta keluarnya binatang kepada manusia pada waktu Dhuha.
Blia pn brsbd : Brsgrala klia brama sblum dtngnya enm prkar… blia mnytka di antrany dabbah. (HR. Muslim).


"verdana" , sans-serif;">Dikatakan bahwa kelak jika binatang yang bernama dabbah ini telah keluar, maka akan mengatakan kepada manusia serta akan melaporkan bahwa manusia dahulu tak yakin kepada ayat-ayat Allah. Ia pun akan memshare tanda pembeda antara orang beriman dengan orang kafir. Bagi orang yang beriman akan memiliki wajah bercahaya sementara bagi orang kafir akan diberi tanda yang dishare pada bagian hidung sebagai tanda kekufurannya.
Bntan bm it klua mka ia mmbr cp trhda mnusi di wja mrek. Kmdia jmla merek meningka sehingga seseoran membeli onta diriny ditany, ‘Dari siapa anda membeli onta itu?’ Dia menjawab, Dari salah seorang yang dicap wajahnya..” (HR. Ahmad,)
Dlam sbahhdis dktakan bhwa dbbah akn kluar dri msjid yng pling bsar, ttkala mereka (sedang duduk-duduk tiba-tiba bumi bergetar) ketika mereka sedang demikian tiba-tiba bumi terbelah.(hadis)
Para Ulama terjadi perbedaan pendapat tentang Dabbah ini. Dabbah dengan tutorial bahasa memiliki makna hewan yang berjalan atau melata di atas bumi. Sementara beberapa ulama yang lain mengatakan bahwa Dabbah merupakan anak unta yang disapih dari unta Nabi Shalih.
Hal ini berdasarkan hadits bahwa Rasulullah saw menyebut tentang dabbah, (lalu beliau menuturkan hadits, di dalamnya ada ungkapan)
“Merek tida menggembalakanny, melainka ia hanya bersuar di antar rukun serta maqa (rukun Yamani serta Maqam Ibrahim).”
Ada juga dalam sebuahpenjelasan bahwa makhluk dabbah merupakan ular yang mengawasi dinding Ka’bah, yang disambar oleh elang ketika orang-orang Quraisy hendak membangun Ka’bah. Bahkan ada yang menyebutkan bahwa dabbah merupakan manusia yang akan berbicara, mendebat serta membantah kepada ahli bid’ah agar meninggalkannya.




Terlepas dari semua itu, bahwa makhluk dabbah merupakan kemunculan makhluk dabbah merupakan merupakan tanda bahwa hari kiamat telah dekat datangnya. Semoga memshare fungsi kepada kita aminn.
ADSENSE 336 x 280 dan ADSENSE Link Ads 200 x 90