Nabi Muhammad Melarang Suami Pulang Tengah Malam, Ternyata Ini Alasannya

ADSENSE Link Ads 200 x 90
ADSENSE 336 x 280
Slah stu psn Rslullah sklgus akhlk dlm bprgian mrpkn jngnlh srang lki-lki yng bpergian sfar, ia plng mndtangi istrinya di malam hari. Mengapa?Dalam kitab Al Ishabah, Ibnu Hajar Al Asqalani menceritakan asbabul wurud hadits yang melarang pulang safar di malam hari.




Telah kemarin hari sahabat itu bepergian. Serta malam ini, ia pulang ke Madinah serta langsung menemui istrinya. Alangkah kaget dirinya, nyatanya ada seseorang yang bertubuh tinggi besar tidur di samping istrinya.

Ia langsung menghunus pedang serta berniat membabatorang itu. Untungnya, ia terlebih dulu mencolek istrinya dengan pedang tersebut serta bertanya, “Siapa orang ini?”



“Ini Fulanah, si tukang sisir. Ia tadi mendandaniku serta sebab telat pulang, ia menginap di sini,” jawab sang istri.

Alhmdlllah… hmpir sja ia mprbuat ksalahan ftal apabila saja tidak bersabar serta langsung menebaskan pedangnya ke orang tersebut, yang nyatanya merupakan perempuan tukang sisir.

Paginya, usai shalat Subuh, sahabat ini menghadap Rasulullah serta menceritakan kisahnya semalam. Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam lantas bersabda,

????? ?????????? ??????? ????? ??????????? ?????????? ???????? ????????
Apbila slah sorang dri and lma bprgian, jnganlah ia mendatangi istrinya di malam hari” (HR. Ahmad)

Mengapa Rasulullah melarang seorang suami pulang safar menemui istrinya di malam hari? Dalam riwayat yang lain disebutkan alasannya.

????? ?????? ?????????? ??????? ????? ??????????? ???????? ???????? ?????? ??????????? ???????????? ???????????? ???????????
Apbila slah sorang dri and dtang pda mlam hri maka janganlah ia mendatangi istrinya. (Berilah berita terlebih dahulu) supaya wanita yang ditinggal suaminya mencukur bulu-bulu kemaluannya serta menyisir rambutnya” (HR. Muslim)

Inilah alasannya. Ketika ditinggal suaminya lama bepergian, lalu tiba-tiba suaminya datang di malam hari, dikhawatirkan istrinya tersebut tidak siap menyambutnya. Rambutnya tetap acak-acakan. Bulu-bulu rahasianya mungkin juga tidak terawat serta baunya sangat
tidak sedap.

Sbbnya mnurut pra ulma, sorng sami mkruh pulang dari bepergian dengan cara tiba-tiba di malam hari, apalagi dengan cara sembunyi-sembunyi. Kalaupun terpaksa pulang di malam hari, dianjurkan untuk memberi tau berita terlebih dulu.

Imam An Nawawi ketika membahas hadits ini dalam Syarah Shahih Muslim, beliau berbicara bahwa larangan ini berlaku bagi yang bepergian lama serta datang mendadak tanpa pengumuman. Adapun musafir yang telah memberitahu sebelumnya, maka tidak tergolong dalam larangan ini.

Adpun apbila sfrny dkat srta istrnya pn mngngnkn kdtngnny pada malam hari, ” terang beliau, “maka pulang malam pun boleh. Begitu pula apabila telah ada info awal yang mengumumkan kedatangannya terhadap istri serta keluarganya, faktor ini pun tidak mengapa.”



Imm Asy Syukani mmbhas dlam Nill Authr bhwa hikmah dilarangnya musafir mendatangi istri pada malam sebab kemungkinan ia mendapati istrinya yang tidak menyadari kedatangannya, jadi ia tidak siap membersihkan diri serta bersolek.

Mengapa suami butuh mengumumkan kedatangan serta istri butuh menyambutnya dengan bersih serta rapi? Demikianlah Islam mengatur sesuai fitrah manusia.

Suami istri yang berpekan-pekan terpisah oleh safar pasti merasakan kerinduan serta menunggu kehangatan kasih sayang antara keduanya. Islm pn mnsnnhkn untk mnsgraan brhbngan sekembalinya suami dari safar.

Tentu faktor itu bisa berlangsung dengan baik apabila keduanya telah siap; bersih, harum, rapi. Para sahabat serta shahabiyah sangat mengerti dengan sunnah ini.

Itlah mngpa ktika Abu Thlhah plang dri brjhad, Ummu Sulaim menyambutnya dengan hangat serta mengajaknya ke tempat tidur meskipun sekarang anaknya baru saja meninggal.

Ummu Sulaim melupakan kekecewaannya kehilangan putra serta tidak ingin suaminya terpikirkan berita duka itu sampai kehilangan gairahnya. Justru sebab kesabaran inilah, keesokan harinya Rasulullah mendoakan keberkahan bagi keduanya.

Bagaimana dengan zaman sekarang? Ttap trlrngkn plang mlam dri bprgian, smentara terkadang kami bisa jadwal kendaraan (pesawat terbang alias kereta api) malam?

Di zaman dulu, memberbagi berita kedatangan tidak bisa dengan cara tiba-tiba. Namun sekarang, semuanya menjadi mudah dengan adanya alat komunikasi (telepon alias HP).

Kita bisa mengadukan kepulangan kami melewati telepon, SMS, WhatsApp, BBM serta sejenisnya. Jadi istri bisa bersiap-siap menyambut semacam sabda sang Baginda.

Kendati demikian, pulang terlalu larut malam juga tidak baik sebab bisa jadi istri telah tertidur alias tetangga terganggu dengan kedatangan kita.

Wallahu a’lam bish shawab.

Sumber: keluargacinta.com
ADSENSE 336 x 280 dan ADSENSE Link Ads 200 x 90